Apa itu Cloud Hosting?

Cloud Hosting semakin menjadi produk andalan yang ditawarkan oleh para penyedia hosting. Sebetulnya, apa arti cloud hosting itu? Berikut penjelasannya.

Secara garis besar, cloud hosting adalah file website yang disimpan didalam server fisik yang memiliki beberapa cabang server virtual, hal ini memungkinkan pengguna website dapat mengakses website melalui banyak jalur server virtual. Sehingga, akan membuat website tersebut nyaris tidak pernah mengalami down. Karena, apabila salah satu server virtual tersebut mati, pengguna dapat mengakses website melalui jalur server virtual yang lain.

Berikut ilustrasinya :

penjelasan cloud hosting adalah

Kelebihan dari penggunaan cloud hosting

  • Menghindari Keterbatasan Hardware
    Cloud Hosting memastikan kebutuhan pengguna akan RAM, CPU, Quota Harddisk dan proses sepenuhnya terpenuhi. Ketika kebutuhan meningkat, dapat dengan mudah memperluas kapasitas sesuai dengan jumlah yang diinginkan. Perusahaan hosting dapat menambahkan banyak sumber daya sesuai dengan permintaan pelanggan.
  • Skalabilitas yang tinggi dan Kinerja yang baik
    Tidak ada batasan untuk jumlah skalabilitas yang dapat dicapai dengan cloud hosting, seperti penambahan atau pengurangan resource tidak akan mengganggu alur kerja atau proses yang sedang berjalan. Sumber daya akan didedikasikan penuh, sehingga tidak ada resource yang tidak terpakai. Sehingga tidak perlu khawatir akan konfigurasi load balancer ketika website Anda memiliki trafik yang tinggi.
  • Membayar Sesuai dengan kebutuhan
    Cloud hosting memiliki pengelolaan sumber daya sendiri, sehingga bisa ditentukan sumber daya yang dibutuhkan. Pengguna bisa memilih ukuran server (misalnya virtual), yang meliputi RAM, Disk Space dan juga sistem operasi (Linux atau Windows). Nasabah akan membayar sesuai dengan resource yang digunakan seperti penggunaan memory atau bandwidth.

Siapa yang Membutuhkan Cloud Hosting?

Guna memastikan cloud hosting bisa berfungsi baik, diperlukan hardware server berkualitas tinggi agar mampu menjalankan berbagai tugas tersebut.

Hardware berkualitas rendah hanya akan meniadakan kelebihan cloud hosting dan justru hanya meningkatkan biaya tanpa diiringi hasil yang signifikan.

Cloud hosting yang memiliki jaringan server akan memiliki waktu “uptime” lebih baik dibandingkan dedicated server yang hanya memiliki satu server.

Namun, keunggulan cloud hosting memang masih harus ditebus dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dedicated server.

Namun, bagi perusahaan yang memerlukan situs web mereka selalu bisa diakses, maka cloud hosting akan menjadi pilihan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.